TUGAS KELOMPOK
PROFESI PENDIDIKAN


The teacher who have a character will borning characters student too



Nama Kelompok :
1. Nurul Afifah (12141200)
2. Silvy Ananta Dewi (12141217)
3. Ryan Dwi Cahyono (12141218)
4. Anik Muji Rahayu (12141235)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

IKIP PGRI MADIUN

2014


 
Apa yang dibutuhan jika kita menjadi seorang guru?

 Jika kita menjadi seorang guru hal yang dibutuhkan bukan hanya sekedar pintar namun kita jika harus memiliki beberapa keterampilan yang sangat dibutuhkan guna mencerdaskan dan memberikan contoh yang baik bagi anak didik kita kelak.
Bukan Cuma lulusan S1 saja yang kita butuhkan namun kita juga harus memiliki keterampilan pedagogik yaitu keterampilan yang hanya dimiliki oleh profesi guru. Dari ketrampilan pedagogik yang mumpuni maka guru juga akan memiliki beberapa sifat yang dapat dijadikan panutan dan dengan sikap tersebut guru dapat mendidik dan membimbing siswanya dengan baik dan benar sehingga dapat meluluskan siswa yang meiliki karakter dan berkompen. Beberapa sifat yang harus di miliki seorang guru antara lain:
A.   RAMAH & RIANG
1.     Murah senyum, menyapa, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan penuh perhatian dan hormat terhadap komentar siswa.
2.    Menceritakan leucon, tertawa bersama siswa
B.    PENUH KEAKRABAN
Pandai membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa, berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung
C.    BERWIBAWA & PERCAYA DIRI
1.     Menerapkan tata tertib belajar yang jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan suara lantang dan jelas.
2.    Berbicara jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar
D.  RENDAH HATI & PEDULI
1.     Mengakui kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak merendahkan perestasi/sukses orang.lain
2.    Menghargai karya siswa yang baik,. membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa yang tinggi
E.    HORMAT/MENGHARGAI
Tidak melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta, tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa
F.    PENDENGAR YANG BAIK
Tidak memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan yang diajukan siswa
G.   PROFESIONAL DALAM PENAMPILAN
Berpakaian rapi, bersih, tidak kusut, dan kotor
H.   ANTUSIAS DALAM MENGAJAR
Murah senyum saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu
 I.    MENGELOLA WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK
Tiba tepat waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu
J.   KREATIF & MENARIK
Melakukan eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan tidak monoton
K.    KOMUNIKATOR EFEKTIF
Berbicara lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas dan relevan
L.    MENETAPKAN SASARAN BELAJAR HARIAN
Menyiapkan dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
M.  MELEK/TERAMPIL TEKNOLOGI
Mampu menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll
N.   MENGUASAI MATERI AJAR
Mampu menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti
O.   MENYAJIKAN INFORMASI TERKINI
Mengaitkan topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku, majalah, video dll) mutakhir
 P.    SELALU SIAP
Membawa benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)
Q.  MERANGSANG DISKUSI
Mengajukan pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
R.    MERANGSANG  TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL
Mengajukan pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian, memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
S.   MEMBERIKAN UMPAN BALIK KONSTRUKTIF
Memberi komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran
T.   MENERAPKAN UJIAN YANG BERKEADILAN
Memberikan garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa
U.   PEKA & TEGUH HATI
Meyakinkan diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru, memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
 V.    BERUSAHA MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK
Meminta umpan balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan dll), menggunakan metode mengajar tebaru
W. KESALINGMENGERTIAN
Mau menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.

10 KRITERIA GURU PROFESIONAL
A.   SELALU PUNYA ENERGI UNTUK SISWANYA
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama
B.    PUNYA TUJUAN JELAS UNTUK PELAJARAN
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas
C.    PUNYA KETERAMPILAN MENDISIPLINKAN YANG EFEKTIF
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas
D.   PUNYA KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS YANG BAIK
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas
 E.    BISA BERKOMUNIKASI BAIK DENGAN ORANG TUA MURID
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua murid dan membuat mereka selalu mendapat informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya
F.    PUNYA HARAPAN YANG TINGGI PADA SISWANYA
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka
G.   PENGETAHUAN TENTANG KURIKULUM
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu
H.   PENGETAHUAN TENTANG SUBYEK YANG DI AJARKAN
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif
I.    SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK ANAK-ANAK DALAM PROSES PENGAJARAN
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa
 J.   PUNYA HUBUNGAN YANG BERKUALITAS DENGAN SISWA
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
Dari beberapa sifat di atas tentunya masih banyak sekali sifat yang harus dimiliki seorang guru karena guru merupakan pekerjaan yang sulit yang di contoh dan dituntut untuk menjadi penutan bagi siswa – siswanya agar. Karena dari didikan seorang guru kelak dapat melahirkan penerus bangsa yang memiliki kompeten dan karakter yang baik. Kalau guru nya tidak memiliki atau tidak memberikan contoh yang baik bagi siswanya maka guru tersebut hanya akan menyandang nama guru tanpa ada manfaatnya. Selain hal-hal diatas dibawah ini ada beberapa kroteria guru idaman.

Apa yang anda harapkan setelah  siswa lulus SD?

Sebagai seorang guru pasti memiliki harapan bagi peseta didiknya, perubahan tersebut tidak hanya dari segi perubahan akademik tetapi juga perubahan karakter. Dan perubahan tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur perkembangan siswa dan acuyan pembentukan karakter dan pedagogig lanjutanya. Berikut poin poin yang diharapkan.
Hal yang kita inginkan setelah siswa lulus SD adalah :
1. Siswa mampu meningkatkan prestasinya
2.    Siswa mampu menerapkan kebiasaan yang telah ada di SD baik dilingkungan sekolahnya, maupun di lingkungan masyarakat, kebiasaanya seperti membuang sampah pada tempatnya, saling tegur sapa kepada teman, menghormati guru, dan orang tua.
3.    Selain itu kami juga ingin siswa agar tetap rajin mengaji dan sholat, dan tidak terpengaruh oleh dunia SMP yang biasannya siswa cenderung melupakan kebiasaan itu.
4.    Siswa harus memiliki sikap yang kritis, dan  bertanggungjawab.
5.    Harus mampu menjaga nama baik sekolahnya dahulu, dan mampu menjaga diri dengan cara mampu membedakan pergaulan yang baik dan pergaulan yang tidak baik
6.    Siswa juga mampu memiliki rasa kasih sayang yang tinggi terhadap lingkungan dan ikut serta dalam gerakan melestarikan lingkungan
7.    Rajin belajar meski tidak ada ujian
8.    Gemar/rajin membaca buku
9.    Cinta terhadap buku
10. Kreatif dalam membuat karya (seperti karya tulis, dll)
11.  Menjalankan peraturan tanpa diperintah
12. Berakhlak dan berkarakter
13. Religius
14. Rajin sholat dan hafal ayat-ayat pendek (seperti juz 30)
15. Bertanggung jawab terhadap perbuatannya

Apa saja program pembiasaan pada siswa SD?

PROGRAM SEKOLAH (PEMBIASAAN)
Sebagai seorang guru penting kiranya memberikan pendidiplinan kepada siswanya, pendisiplinan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pembiasaan karakter yang dapat dijadikan sebagai bekal seorang siswa untuk melanjutkan pendidikan berikutnya dan bekal siswa untuk berinteraksi di lingkungan masyarakatnya. Pembiasaan bisa dijadwalkan dalam retan waktu harian,mingguan,bulanan dan tahunan yang semua itu tersusun dalam program sekolah yang disusun atau dibuat oleh guru yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekitarnya. Berikut penjabaran mengenai program-program tersebut:
A.  Harian
1.     Siswa harus datang tepat waktu yaitu sebelum jam 07.00 wib jika telat siswa akan mendapatkan hukuman berupa bersih – bersih kelas.
2.    Piket harian.
3.    Berbaris sebelum masuk dan bersalaman dengan guru
4.    Sebelum memulai pelajaran siswa harus berdoa terlebih dahulu.
5.    Pada saat berdoa dilanjutkan dengan hafalan asmaul husna.
6.    Saat jam istirahat siswa dilarang jajan di luar sekolah
7.    Sebelum dan sesudah makan siswa harus cuci tangan di tempat yang telah disediakan sekolah, yang berada di depan kelas
8.    Sholat sunnah dhukha dan sholat dhuhur berjamaah di sekolah setiap hari
9.    Saat selesai pelajaran diakhiri dengan berdoa.
10. Setelah selesai pembelajaran siswa
11.  Sebelum pulang siswa harus mengecek apakah ada sampah di dalam kelas, jika ada maka harus dibuang di tempat sampah. Sehingga kelas ditinggalkan dalam keadaan bersih.
12. Melaksanakan sholat 5 waktu setiap hari.
13. Dibiasakan bangun subuh setiap hari.
14. Belajar dan membaca buku setiap hari.
15. Mengerjakan PR tepat waktu.

B.  Mingguan
1.     Pada hari senin diadakan upacara bendera
2.    Setiap hari rabu dan kamis siswa menggunakan seragam batik
3.    Setiap hari selasa diadakan senam pagi
4.    Pada hari jumat diadakan acara amal (infaq) atau jumat bersih.
5.    Setiap hari jum’at sepulang sekolah siswa diajak untuk sholat Jum’at berjamaah
6.    Pada hari sabtu diadakan kegiatan ekstra kurikuler sesuai bakat siswa
7.    Belajar kelompok bergilir
8.    Siswa diminta untuk membiasakan menulis karya tulis baik itu sekedar cerita pengalaman atau cerita sehari-hari dan ditempelkan di mading kelas

 C.  Bulanan
1.     Setiap satu bulan sekali siswa diwajibkan menanam pohon atau pun tanaman hias lainnya yang diletakan ditaman sekolah
2.    Pada minggu ke 3 diadakan acara kerjabakti sekolah
3.    Membayar kas kelas sebesar Rp. 1000,- per bulannya

D.  Semester
1.     Belajar mempersiapkan ujian semester
2.    Melakukan bimbingan intensif bagi kelas 6
3.    Setiap semester sekali diadakan acara Pentas Seni

E.  Tahunan
1.     Setiap setahun sekali pada bulan agusttus diadakan lomba yang bertujuan untuk memperingati HUT RI
2.    Setiap bulan puasa melaksanakan pondok romadhlon dan buka bersama
3.    Setiap hari raya Idul Fitri melaksanakan Halal Bihalal dan takbir bersama
4.    Setiap HBI dan HBN di adakan peringatan yang disesuaikan dengan acara yang akan dilaksanakan. Missal halal bihalal, kartinian dll.
5.    Pameran karya siswa.
6.    Belajar alam melalui rekreasi,out bond, persami dll.
7.    Pada akhir periode pendidikan diadakan perpisahan bagi siswa kelas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar