TUGAS KELOMPOK
PROFESI PENDIDIKAN
PROFESI PENDIDIKAN
The teacher who have a character will borning characters
student too
Nama Kelompok :
1. Nurul Afifah (12141200)
2. Silvy Ananta Dewi (12141217)
3. Ryan Dwi Cahyono (12141218)
4. Anik Muji Rahayu (12141235)
4. Anik Muji Rahayu (12141235)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
IKIP
PGRI MADIUN
2014
Apa yang dibutuhan jika kita
menjadi seorang guru?
Jika
kita menjadi seorang guru hal yang dibutuhkan bukan hanya sekedar pintar namun
kita jika harus memiliki beberapa keterampilan yang sangat dibutuhkan guna
mencerdaskan dan memberikan contoh yang baik bagi anak didik kita kelak.
Bukan
Cuma lulusan S1 saja yang kita butuhkan namun kita juga harus memiliki
keterampilan pedagogik yaitu keterampilan yang hanya dimiliki oleh profesi guru.
Dari ketrampilan pedagogik yang mumpuni maka guru juga akan memiliki beberapa
sifat yang dapat dijadikan panutan dan dengan sikap tersebut guru dapat
mendidik dan membimbing siswanya dengan baik dan benar sehingga dapat
meluluskan siswa yang meiliki karakter dan berkompen. Beberapa sifat yang harus
di miliki seorang guru antara lain:
A. RAMAH & RIANG
1. Murah senyum, menyapa, memulai pembicaraan, memancing
pertanyaan, tanggap dengan penuh perhatian dan hormat terhadap komentar siswa.
2. Menceritakan leucon, tertawa bersama siswa
B. PENUH KEAKRABAN
Pandai membuat
lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa, berinteraksi
dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung
C. BERWIBAWA & PERCAYA DIRI
1. Menerapkan tata tertib belajar yang jelas, menjaga
ketertiban kelas, berbicara dengan suara lantang dan jelas.
2. Berbicara jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab
pertanyaan dengan benar
D. RENDAH HATI & PEDULI
1. Mengakui kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng
sukses orang lain, dan tidak merendahkan perestasi/sukses orang.lain
2. Menghargai karya siswa yang baik,. membantu siswa yang
membutuhkan bantuan, hafal nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai
tambahan terhadap prestasi siswa yang tinggi
E. HORMAT/MENGHARGAI
Tidak
melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata
minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta,
tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata
kasar pada siswa
F.
PENDENGAR YANG BAIK
Tidak memotong
pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan
yang diajukan siswa
G. PROFESIONAL DALAM PENAMPILAN
Berpakaian rapi,
bersih, tidak kusut, dan kotor
H. ANTUSIAS DALAM MENGAJAR
Murah senyum
saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi
gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu
I.
MENGELOLA WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK
Tiba tepat
waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan
ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati
janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu
J. KREATIF & MENARIK
Melakukan
eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan
meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan
tidak monoton
K.
KOMUNIKATOR EFEKTIF
Berbicara
lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas
dan relevan
L. MENETAPKAN SASARAN BELAJAR
HARIAN
Menyiapkan dan
mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
M. MELEK/TERAMPIL TEKNOLOGI
Mampu
menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu
menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll
N. MENGUASAI MATERI AJAR
Mampu menjawab
dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan,
dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti
O. MENYAJIKAN INFORMASI TERKINI
Mengaitkan
topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku,
majalah, video dll) mutakhir
P. SELALU SIAP
Membawa
benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang
ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)
Q. MERANGSANG DISKUSI
Mengajukan
pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa
untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
R.
MERANGSANG TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL
Mengajukan
pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian,
memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
S. MEMBERIKAN UMPAN BALIK
KONSTRUKTIF
Memberi
komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran
T. MENERAPKAN UJIAN YANG
BERKEADILAN
Memberikan
garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani
siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan
mayoritas siswa
U. PEKA & TEGUH HATI
Meyakinkan diri
bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru,
memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
V. BERUSAHA MENJADI GURU YANG
LEBIH BAIK
Meminta umpan
balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan
dll), menggunakan metode mengajar tebaru
W. KESALINGMENGERTIAN
Mau menerima
alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan
kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk
mendiskusikan materimateri yang sulit.
10 KRITERIA
GURU PROFESIONAL
A. SELALU PUNYA ENERGI UNTUK
SISWANYA
Seorang guru
yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan
mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama
B. PUNYA TUJUAN JELAS UNTUK
PELAJARAN
Seorang guru
yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk
memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas
C. PUNYA KETERAMPILAN
MENDISIPLINKAN YANG EFEKTIF
Seorang guru
yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa
mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas
D. PUNYA KETERAMPILAN MANAJEMEN
KELAS YANG BAIK
Seorang guru
yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan
perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,
membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas
E. BISA BERKOMUNIKASI BAIK
DENGAN ORANG TUA MURID
Seorang guru
yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua murid dan membuat mereka
selalu mendapat informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi di dalam
kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya
F. PUNYA HARAPAN YANG TINGGI
PADA SISWANYA
Seorang guru
yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa
dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka
G. PENGETAHUAN TENTANG
KURIKULUM
Seorang guru
yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan
standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran
mereka memenuhi standar-standar itu
H. PENGETAHUAN TENTANG SUBYEK
YANG DI AJARKAN
Seorang guru
yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang
mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan
menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi
pembelajaran yang kolaboratif
I. SELALU MEMBERIKAN YANG
TERBAIK UNTUK ANAK-ANAK DALAM PROSES PENGAJARAN
Seorang guru
yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa
mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh
yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya
sudah beranjak dewasa
J. PUNYA HUBUNGAN YANG
BERKUALITAS DENGAN SISWA
Seorang guru
yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan
siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
Dari
beberapa sifat di atas tentunya masih banyak sekali sifat yang harus dimiliki
seorang guru karena guru merupakan pekerjaan yang sulit yang di contoh dan
dituntut untuk menjadi penutan bagi siswa – siswanya agar. Karena dari didikan
seorang guru kelak dapat melahirkan penerus bangsa yang memiliki kompeten dan
karakter yang baik. Kalau guru nya tidak memiliki atau tidak memberikan contoh
yang baik bagi siswanya maka guru tersebut hanya akan menyandang nama guru
tanpa ada manfaatnya. Selain hal-hal diatas dibawah ini ada beberapa kroteria guru idaman.
Apa yang anda harapkan setelah siswa lulus SD?
Sebagai seorang guru pasti memiliki harapan bagi peseta didiknya, perubahan
tersebut tidak hanya dari segi perubahan akademik tetapi juga perubahan
karakter. Dan perubahan tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur
perkembangan siswa dan acuyan pembentukan karakter dan pedagogig lanjutanya.
Berikut poin poin yang diharapkan.
Hal
yang kita inginkan setelah siswa lulus SD adalah :
1. Siswa mampu meningkatkan prestasinya
2.
Siswa
mampu menerapkan kebiasaan yang telah ada di SD baik dilingkungan sekolahnya,
maupun di lingkungan masyarakat, kebiasaanya seperti membuang sampah pada tempatnya,
saling tegur sapa kepada teman, menghormati guru, dan orang tua.
3.
Selain
itu kami juga ingin siswa agar tetap rajin mengaji dan sholat, dan tidak
terpengaruh oleh dunia SMP yang biasannya siswa cenderung melupakan kebiasaan
itu.
4.
Siswa
harus memiliki sikap yang kritis, dan
bertanggungjawab.
5.
Harus
mampu menjaga nama baik sekolahnya dahulu, dan mampu menjaga diri dengan cara
mampu membedakan pergaulan yang baik dan pergaulan yang tidak baik
6.
Siswa
juga mampu memiliki rasa kasih sayang yang tinggi terhadap lingkungan dan ikut
serta dalam gerakan melestarikan lingkungan
7.
Rajin
belajar meski tidak ada ujian
8.
Gemar/rajin
membaca buku
9.
Cinta
terhadap buku
10. Kreatif dalam membuat karya (seperti
karya tulis, dll)
11. Menjalankan peraturan tanpa diperintah
12. Berakhlak dan berkarakter
13. Religius
14. Rajin sholat dan hafal ayat-ayat pendek
(seperti juz 30)
15. Bertanggung jawab terhadap perbuatannya
Apa saja program pembiasaan pada siswa SD?
PROGRAM SEKOLAH (PEMBIASAAN)
Sebagai seorang guru penting kiranya memberikan pendidiplinan kepada
siswanya, pendisiplinan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pembiasaan
karakter yang dapat dijadikan sebagai bekal seorang siswa untuk melanjutkan
pendidikan berikutnya dan bekal siswa untuk berinteraksi di lingkungan
masyarakatnya. Pembiasaan bisa dijadwalkan dalam retan waktu
harian,mingguan,bulanan dan tahunan yang semua itu tersusun dalam program
sekolah yang disusun atau dibuat oleh guru yang disesuaikan dengan kondisi dan
karakteristik lingkungan sekitarnya. Berikut penjabaran mengenai
program-program tersebut:
A. Harian
1.
Siswa
harus datang tepat waktu yaitu sebelum jam 07.00 wib jika telat siswa akan
mendapatkan hukuman berupa bersih – bersih kelas.
2.
Piket
harian.
3.
Berbaris sebelum masuk dan bersalaman dengan guru
4.
Sebelum
memulai pelajaran siswa harus berdoa terlebih dahulu.
5.
Pada saat berdoa dilanjutkan dengan hafalan asmaul husna.
6.
Saat
jam istirahat siswa dilarang jajan di luar sekolah
7.
Sebelum
dan sesudah makan siswa harus cuci tangan di tempat yang telah disediakan
sekolah, yang berada di depan kelas
8.
Sholat sunnah dhukha dan sholat dhuhur berjamaah di sekolah setiap hari
9.
Saat
selesai pelajaran diakhiri dengan berdoa.
10. Setelah selesai
pembelajaran siswa
11. Sebelum pulang siswa harus mengecek
apakah ada sampah di dalam kelas, jika ada maka
harus dibuang di tempat sampah. Sehingga kelas ditinggalkan dalam keadaan
bersih.
12. Melaksanakan
sholat 5 waktu setiap hari.
13. Dibiasakan
bangun subuh setiap hari.
14. Belajar dan
membaca buku setiap hari.
15. Mengerjakan PR
tepat waktu.
B. Mingguan
1.
Pada hari
senin diadakan upacara bendera
2.
Setiap
hari rabu dan kamis siswa menggunakan seragam batik
3.
Setiap
hari selasa diadakan senam pagi
4.
Pada
hari jum’at diadakan acara amal (infaq) atau jumat bersih.
5.
Setiap hari jum’at sepulang sekolah siswa diajak untuk sholat Jum’at
berjamaah
6.
Pada
hari sabtu diadakan kegiatan ekstra kurikuler sesuai bakat siswa
7.
Belajar kelompok bergilir
8.
Siswa diminta untuk membiasakan menulis karya tulis baik itu sekedar
cerita pengalaman atau cerita sehari-hari dan ditempelkan di mading kelas
C. Bulanan
1.
Setiap
satu bulan sekali siswa diwajibkan menanam pohon atau pun tanaman hias lainnya
yang diletakan ditaman sekolah
2.
Pada
minggu ke 3 diadakan acara kerjabakti sekolah
3.
Membayar kas kelas sebesar Rp. 1000,- per bulannya
D. Semester
1.
Belajar mempersiapkan ujian semester
2.
Melakukan bimbingan intensif bagi kelas 6
3.
Setiap
semester sekali diadakan acara Pentas Seni
E. Tahunan
1.
Setiap
setahun sekali pada bulan agusttus diadakan lomba yang bertujuan untuk
memperingati HUT RI
2.
Setiap bulan puasa melaksanakan pondok romadhlon dan buka bersama
3.
Setiap hari raya Idul Fitri melaksanakan Halal Bihalal dan takbir
bersama
4.
Setiap HBI dan HBN di adakan peringatan yang disesuaikan dengan acara
yang akan dilaksanakan. Missal halal bihalal, kartinian dll.
5.
Pameran karya siswa.
6.
Belajar alam melalui rekreasi,out bond, persami dll.
7.
Pada akhir periode pendidikan diadakan perpisahan bagi siswa kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar